Radio Lesmana

E-mail Print PDF

Sejarah Berdirinya Radio Lesmana

 

Sejarah berdirinya Radio Lesmana FM, adalah pada era tahun 1960-an. Ketika sekelompok teman-teman yang mempunyai hobby yang sama di bidang elektronik berkumpul dan mempunyai tujuan juga mimpi yang sama pula, yaitu untuk mendirikan sebuah Radio Amatir. Maka kami pun akhirnya mendirikan Radio Siaran Amatir, dengan memulai siaran di gelombang SW ( Short Medium ) yang hanya berisi Siaran komunikasi saja lewat Radio Amatir tersebut, tetapi juga sudah diselingi dengan memutarkan lagu-lagu yang Hits pada masa nya.

 

Kegiatan siaran Radio Amatir ini, pada awal mulanya di prakarsai dan dimotori oleh Alm. Bapak Kicky Susanto beserta ayahnya, Alm. Bapak Hardjo Susanto. Dengan masih menggunakan komponen peralatan perangkat pemancar yang sangat sederhana yang juga beliau rakit sendiri. Radio Amatir kami tersebut memulai siaran di gelombang SW dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1971.

 

Dari tahun 1971 beralih lanjut ke tahun 1972, barulah keluar peraturan Pemerintah, agar mengalihkan gelombang siaran amatir kami dari SW berpindah gelombang ke AM ( Amplitudo Modulation ). Pada saat itu Pemerintah juga menyarankan agar nama-nama Radio yang ada di Bogor menggunakan nama Tokoh Per- wayangan, maka oleh karena itu kami sepakat untuk memilih nama Tokoh Per- wayangan LESMANA untuk menjadi nama Radio kami. Dipadukan dengan nama IKA, yang berartikan Ikatan Keluarga Elektronika. Berdasarkan sejarah tanggal 27 Juli 1967 resmi kami pergunakan sebagai Tanggal dan hari berdirinya  Radio Ika Lesmana.

 

Peran serta Pemerintah Negara juga mengatur bahwa setiap Radio Siaran harus berbadan Hukum, oleh karena itu pada tahun 1971 terbentuklah PT. RADIO IKA LESMANA dan sampai saat ini kami konsisten memakai nama PT tersebut sebagai badan hukum Siaran Swasta Professional kami. Dengan format siaran yang memutarkan lagu mancanegara dan lagu Indonesia, format itupun tidak berubah sama sekali sampai saat ini.

 

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi pun harus ditingkatkan agar mutu siaran semakin bagus. Kualitas modulasi ditingkatkan untuk menjaring pendengar sebanyak-banyaknya.          Pada tahun 1993 Radio Lesmana berpindah frekuensi dari AM ( Amplitudo Mudulation ) ke FM ( Frekuensi Mudulation). Frekuensi FM pertama Radio Lesmana ada di gelombang 99.1 FM, sebelas tahun kemudian ditahun 2004 turunlah peraturan Pemerintah untuk penetapan kanal, sehingga membuat Radio Lesmana kembali berpindah Frekuensi FM dari 99.1 FM ke 100.1 FM yang kami pakai sampai saat ini. Dengan memakai Slogan FUN Radio, tentulah Radio Lesmana menyesuaikan agar selalu dapat memberikan kecerian diruang dengar para Teman Lesmana.

 

Hingga saat ini Radio Lesmana tetap eksist di dunia Broadcasting, dengan pengalaman selama lebih dari 45 tahun (sejak 1967), hal ini menjadikan Lesmana, radio siaran swasta tertua di kota Bogor. Meskipun demikian Lesmana tetap mengikuti perkembangan jaman, sehingga tidak hanya bisa dijangkau melalui radio tetapi juga via internet, seperti official website Lesmana (www.radiolesmana.com) yang dilengkapi fasilitas streaming ataupun via berbagai macam social media (Twitter dan Facebook). Sehingga bisa diakses dimana saja,kapan saja.

 

o   Sejarah Kepemimpinan PT. Radio Ika Lesmana – Bogor.

 

Tahun 1967 – 2005 : Dipimpin oleh Alm. Bapak Kicky Susanto

Tahun 2005 – Sekarang  : Dipimpin Oleh Ibu Sonia Winata dan Jessica Susanto