Radio Lesmana

E-mail Print PDF

Album Ini Adalah Little Monster-nya Royal Blood

Banyak yang suka duo metal dari Inggris ini. Pada tanggal 25 Agusutus 2014 lalu, mereka merilis album yang berjudul ROYAL BLOOD. Album ini adalah album pertama mereka.

Sebelum merilis album ini, Royal Blood telah merilis beberapa single. Di tahun yang sama, mereka juga merilis sebuah mini album yang berjudul OUT OF THE BLACK.

Out of the Black juga lah yang menjadi lagu pembuka dalam album ini. Kental dengan nuansa hard rock, dengan permainan snare drum yang sedikit mendominasi dan menjadi ciri khas lagu ini sejak awal lagu.

Di urutan ke-2 ada Come on Over. Masih kental nuansa hard rock dalam lagu ini. Dengan speed yang juga masih mirip dengan lagu pertama, sepertinya lagu ini tepat sekali kalau dijadikan sebuah soundtrack filmaction.

Figure It Out hadir di posisi ke-3. Banyak jeda dalam lagu ini. Namun mereka mengemas jeda-jeda tersebut dengan cukup manis. Penguasaan permainan tempo begitu terasa dalam lagu ini. Mantap!

You Can Be Cruel menghentak di urutan ke-4. Kalau diperhatikan, durasi lagu ini cukup pendek, hanya 2 menit dan 45 detik. Distorsi yang halus dari gitar tetap menjadi ciri khas mereka.

Setelah 4 lagu pertama yang bisa dibilang mirip, track ke-5 yang berjudulBlood Hands ini sedikit berbeda. Ada sentuhan post-grunge dalam lagu ini. Sedikit mirip dengan Smashing Pumpkins di awal lagu, dan menjadi liar di tengah layaknya Soundgarden.

Little Monster mengisi posisi ke-6 dengan beat dan atmosfir yang benar-benar berbeda dari beberapa lagu sebelumnya. Permainan nada rendah gitar dan bass mengingatkan kita pada band-band oldskool hardcore.Keren!

Atmosfir hard rock kembali mereka bawa dalam lagu Loose Change.Speed sedang membuat lagu ini enak didengarkan. Sedikit easy listeningnamun masih terasa permainan distorsi yang liar menjelang akhir lagu.

Careless muncul di urutan ke-8 dengan nuansa sedikit blues-rock. Sekilas mengingatkan kita pada band-band tahun 70an. Keras namun melodik dengan permainan tempo yang aduhai.

Berikutnya ada Ten Tonne Skeleton. Sebuah lagu patah hati yang dikemas dengan cukup manis. Kalian tak akan tahu jika lagu ini berisi kegundahan hati jika tak membaca liriknya.

Better Strangers menjadi lagu penutup dalam album ini. Nuansa hard rock kembali terasa, tapi permainan gitar yang sedikit bluesymempermanis lagu ini. Ditambah dengan bass yang kembali memainkan nada-nada rendah, lagu ini enak sekali jika dijadikan soundtrack.

Secara keseluruhan, lagu dalam album keluaran label Warner Music Indonesia ini memiliki durasi yang pendek. Kental dengan nuansa hard rock namun tetap memiliki ciri khas. Mayoritas lagu dalam album ini lebih cocok untuk dijadikan soundtrack sebuah film.

Berikut track-list dalam album ROYAL BLOOD ini:
1. Out of the Black
2. Come on Over
3. Figure It Out
4. You Can Be So Cruel
5. Blood Hands
6. Little Monster
7. Loose Change
8. Careless
9. Ten Tonne Skeleton
10. Better Strangers

Sumber: http://musik.kapanlagi.com/resensi/internasional/album-ini-adalah-little-monster-nya-royal-blood-fff6d2.html